Friday, December 1, 2017

Teknologi Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Bisnis (BANK BCA)

Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat menjadi hal yang tak bisa dihindari. Manusia dituntut untuk bergerak cepat, lincah serta mampu beradaptasi dengan teknologi demi menunjang kualitas berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali bagi pelaku bisnis.

Pelaku bisnis dituntut untuk merangkul teknologi dalam berinovasi demi mempertahankan keberlangsungan perusahaan.
"Tantangan pertama selalu adalah kita sendiri, karena memulai sesuatu yang baru itu selalu berat"
ujar Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Armand W Hartono di sela-sela konferensi Social Media Week Jakarta 2017 di Senayan City, Jakarta, Rabu (13/9/2017) sore.
Di sisi lain, Armand juga menegaskan bahwa perkembangan teknologi khususnya kecerdasan buatan (artificial intelligence) harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pemenuhan kebutuhan maupun pelayanan terhadap konsumen.
"Jawabannya yang terpenting adalah konsistensi bahwa ini (kecerdasan buatan) menambah kenyamanan untuk seluruh stakeholders. Baik pihak internal maupun eksternal," ujarnya
Armand menceritakan, keberadaan mesin ATM pada zaman dulu sempat memunculkan ketakutan tersendiri bagi nasabah maupun pegawai bank. Hal itu dikarenakan kedua belah pihak masih berada dalam proses adaptasi untuk memahami penggunaan teknologi mesin ATM.

Perubahan merupakan sebuah proses yang lama, perusahaan pun dituntut untuk memperkuat dedikasinya dalam membangun kesadaran bagi para konsumen akan perkembangan teknologi baru.
"Dulu orang takut sama namanya ATM, ini mesin apa kok bisa ngeluarin duit sendiri, dari pihak internal bank sendiri juga takut, karena nasabah sudah menabung di bank, tiba-tiba ada mesin yang mengeluarkan duit sendiri," kata Armand.
Hal yang sama juga berlaku ketika Armand menceritakan kehadiran teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) bernama Virtual Asistant Bank BCA atau yang biasa disebut VIRA. Dalam awal pengembangannya, BCA juga sempat khawatir terkait penerimaan masyarakat terhadap fitur ini.

"Kita harus percaya, kami beruntung dapat ide ini dari kompetisi Finhack. Tadinya ide-ide semacam itu pernah jadi pembicaraan, tapi belum ada pop up-nya, begitu muncul di sana baru kita tes dan kami kembangkan chatbot VIRA," tuturnya.

Fitur VIRA, bagi BCA, memiliki keuntungan tersendiri bagi nasabah untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti cek saldo, mutasi rekening, mencari lokasi ATM terdekat bahkan memperoleh beragam informasi promo.
"Saat ini VIRA temannya sudah 500 ribu-an, kita coba kembangkan supaya VIRA bisa menjadi lebih baik lagi bagi nasabah. Di Line, Kaskuser Chat, Facebook Messanger sudah ada. Tinggal add saja akunnya VIRA ini," jelas Armand.
Selain itu, fitur VIRA lebih mudah dan cepat diakses oleh nasabah ketimbang harus mengunduh aplikasi yang sewaktu-waktu bisa gagal unduh di tengah koneksi internet yang lambat.

Armand menyarankan agar para pelaku bisnis yang sedang memanfaatkan teknologi baru harus diterapkan di lingkungan masyarakat kecil terlebih dahulu yang tertarik dengan teknologi baru tersebut demi memperoleh evaluasi baik berupa kritik dan saran agar teknologi tersebut bisa dikembangkan dan dimanfaatkan secara luas.


Visi dan Misi
Kenyamanan, keamanan, dan keandalan adalah prioritas utama kami saat memberikan layanan finansial bagi seluruh nasabah BCA. Kami bertekad untuk terus menjadi pemimpin di industri perbankan nasional yang berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia.

VISI : 
Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

MISI :
  • Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan.
  • Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah.
  • Meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholder BCA.
Teknologi VIRA



Sebagai penyedia jasa perbankan, Bank BCA terus melakukan inovasi dengan menyediakan sarana yang memudahkan bagi para nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Nah, seiring dengan kebiasaan generasi millineal di berbagai platform aplikasi chatting, Bank BCA kini memperkenalkan Vira, Virtual Assistant di layanan Chat Banking BCA.

Vira adalah Virtual Assistant Chat Banking BCA yang dapat diakses melalui beberapa aplikasi chat populer, yaitu: Facebook Messenger, LINE dan Kaskus Chat. Saat ini VIRA dapat membantu mengetahui informasi dan promosi seputar BCA kepada pengguna aplikasi chat tersebut. Cara menggunakannya juga cukup mudah, cukup menambahkan akun resmi (official account) BCA, yaitu: “Bank BCA”, di Facebook Messenger, LINE dan Kaskus Chat. Selanjutnya pengguna dapat mulai masuk ke menu chat. Vira dapat diakses kapanpun dan dimanapun untuk mengetahui informasi, ragam promosi BCA.

Vira,  Chat Banking BCA memiliki ragam fitur seperti:

Info dan promo 
Anda bisa mendapatkan informasi terkini mengenai informasi serta promo-promo yang ada di BCA. Tidak hanya itu saja, Anda pun bisa mencari lokasi ATM BCA terdekat, serta mengetahui kurs terkini.


Serunya lagi, BCA Chat Banking akan menggandeng beberapa platform chatting populer seperti Facebook Messenger, LINE, Kaskus Chat dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa langsung berinteraksi dengan Customer Service BCA terkait dengan promo serta transaksi perbankan. Seru, bukan?

Registrasi


VIRA Versi Line



Rahardyan Putra

Author & Editor

I am just a beginner who needs a lesson.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.